Ekspose Akhir Site Plan Pengembangan Pasar Paringin dan Relokasi Pasar Lampihong

Kegiatan Site Plan Pengembangan Kawasan Sekitar Pasar Modern Paringin, berlangsung di Aula Benteng Tundakan, Paringin Selatan, Selasa (5/12/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Balangan -Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan, menggelar ekspose akhir site plan pengembangan kawasan Pasar Modern Paringin dan kajian relokasi Pasar Lampihong.

Kepala Bappedalitbang Balangan, Rakhmadi Yusni, menyampaikan bahwa penyusunan kajian ini adalah rangkaian dari kegiatan penataan kota Paringin sesuai dengan visi misi Bupati Balangan.

Rakhmadi mengharapkan agar sebelum memasuki tahap finalisasi ini, arahan dan masukan dari seluruh pihak dapat terus terkoordinasi, sehingga nantinya bisa memberikan hasil terbaik pada saat pelaksanaan.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II bidang Perekonomian dan Pembangunan, Tuhalus menyampaikan Pasar Modern Paringin dan Pasar Lampihong merupakan basis ekonomi rakyat yang memiliki potensi besar untuk menggerakkan roda perekonomian.

“Dalam kondisi krisis kedua pasar ini terbukti tetap bertahan dan mampu melayani kebutuhan serta memberikan pelayanan kepada masyarakat luas. Kedua pasar ini telah menyumbangkan lapangan kerja dan memberikan kehidupan bagi orang bangak,” ucapnya, Selasa (5/12/2023).

Bupati Abdul Hadi berharap dengan adanya expose ini, yaitu perbaikan Pasar Modern Paringin dan relokasi Pasar Lampihong, perputaran uang semakin meningkat demi kebaikan Kabupaten Balangan.

Sementara itu, Tim Ahli dari Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang, Eddi Basuki Kurniawan, menyampaikan untuk pengembangan kawasan Pasar Modern Adaro masih memiliki beberapa kendala.

Seperti parkir yang kurang tertata rapi, area sirkulasi yang kurang luas, kurang optimalnya kantor pengelola pasar, jaringan drainase dan lainnya.

Selain itu, karena Pasar Adaro adalah pasar yang kompleks sehingga perlu adanya pembagian zona-zona pasar yaitu pasar basah, pasar kering dan lainnya.(Wahid)

Editor : Tuah

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال