Manggis Sang Ratu Buah yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Buah Manggis Sangat Fenomenal dan Sampai Saat Ini Ia Disebut Ratu Buah Karena Khasiatnya yang Memang Super Sekali. Foto/umsu.ac.id

 
POSSINDO.COM, Ragam -Manggis adalah buah lezat dengan kulit ungu dan daging berwarna putih susu. Manggis juga memiliki rasa manis dan asam yang khas sehingga buah musiman ini cukup digemari banyak kalangan.
 
Menariknya, kandungan serat, vitamin, dan berbagai nutrisi lain membuat buah manggis memiliki beragam manfaat bagi kesehatan


Dilansir dari Healthifyme, berikut beberapa manfaat manggis bagi kesehatan yang sayang dilewatkan:

 

Sumber antioksidan

 

Manfaat manggis yang pertama yaitu sebagai sumber antioksidan yang penting bagi tubuh.

 

Buah manggis mengandung antioksidan yang disebut xanthone, senyawa fitokimia untuk menangkal kanker, bakteri, radikal bebas dan peradangan.

 

Selain itu xanthone juga berpotensi untuk memperkuat sistem imun, menjaga kesehatan mental, dan meningkatkan kelenturan sendi.

Meningkatkan kesehatan usus

 

Manggis adalah buah kaya serat yang mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus sehingga dapat mengoptimalkan sistem pencernaan.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

 

Manggis mengandung berbagai nutrisi yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti vitamin C, vitamin B, dan antioksidan.

Memelihara kesehatan jantung

 

Manggis memiliki sifat anti-hipertensi sehingga dapat membantu mengatasi gejala tekanan darah tinggi seperti sakit kepala, stres, dan jantung berdebar.

Mengatur kadar gula darah Senyawa xanthone dan serat pada buah manggis dapat membantu mengatur kadar gula darah.

Menurunkan berat badan

 

Manfaat manggis untuk menurunkan berat badan diuji dalam sebuah penelitian dengan hewan pengerat yaitu tikus.

Menjaga kesehatan otak

Mencerahkan kulit Tidak hanya buahnya, kulit manggis juga dapat dimanfaatkan untuk menunjang kesehatan. Penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin C pada kulit manggis dapat mencerahkan kulit kusam dan berminyak.

 

Sumber : kompas.com


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال