Pj Bupati Pulang Pisau Sambut Kunjungan Menteri LHK RI

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani Sambut Kunjungan Kerja Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI) Siti Nurbaya Bakar, di Desa Tuwung, Kecamatan Kahayan Tengah, Kabupaten Pulang Pisau. Rabu, (24/01/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani menyambut Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK RI) Siti Nurbaya Bakar.

Adapun tujuan dari kunjungan kerja Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar beserta rombongan tim dari Delegasi Dinas Kehutanan Amerika Serikat atau US Forest Service sebagai bentuk membuktikan sekaligus melihat langsung bahwa Kabupaten Pulang Pisau termasuk atau yang paling utama berhasil mengatasi persoalan kebakaran hutan.

“Saya berterima kasih sudah dikunjungi dari tim Amerika Serikat untuk melihat betapa serius kita mengatasi kesulitan dan berhasil. Saya yakin ini pasti karena Pemerintah Daerah dan masyarakatnya“ ungkap Menteri LHK RI Siti Nurbaya Bakar.

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani mengatakan bahwa Pulang Pisau merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Kapuas dengan batas administratif sebelah utara dengan Kabupaten Gunung Mas, sebelah timur dengan Kabupaten Kapuas, sebelah barat dengan Kota Palangka Raya dan Katingan serta sebelah selatan berbatasan dengan laut Jawa.

"Dilihat dari hal itu, wilayah Kabupaten Pulang Pisau memiliki potensi yang beragam diantaranya Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang saat ini dikelola oleh lembaga masyarakat melalui skema perhutanan sosial termasuk hutan desa salah satunya di Desa Tuwung ini," ucapnya, Rabu (24/01/2024).

Pada 2019 yang lalu Desa Tuwung telah mendapatkan penetapan dari KLHK RI sebagai hutan desa dengan areal seluas 1.297 Ha yang berada di kawasan Hutan Produksi Konversi (HPK) yang dikelola melalui Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD).

LPHD Tuwung juga pernah memperoleh penghargaan sebagai Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) terbaik.

Nunu Andriani berharap kedepannya kolaborasi lintas sektor dapat terus dimaksimalkan untuk membangun desa, yang ada di Delapan Kecamatan salah satunya dengan cara komunikasi yang aktif dan efektif antar stakeholder.

"Harapannya kepala Desa mampu bersinergi bersama masyarakat desa yang ada di Kahayan Tengah, namun tidak hanya Kecamatan Kahayan Tengah tetapi Tujuh Kecamatan lainnya di Pulang Pisau bisa seperti Desa Tuwung dan desa-desa yang lainnya,” ucapnya.(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال