Rusia Luncurkan “Ruwiki”, Presiden Vladimir Putin Setujui Peluncuran Situs Ensiklopedia Versi Negaranya

Presiden Vladimir Putin Setujui Peluncuran Situs Ensiklopedia Versi Negaranya. Foto/ businessinsider.com

 
POSSINDO.COM, Ragam -Rusia resmi meluncurkan Wikipedia versi negaranya yang bernama Ruwiki pada Senin (15/1). Situs ensiklopedia ini sudah mendapat persetujuan Presiden Vladimir Putin.

 

Meski telah resmi meluncur, Kommersant mengatakan para pendiri Ruwiki tidak mau mengungkapkan berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk proyek ini atau nama-nama investor situs tersebut.

 

Pengujian beta, atau pengujian situs dengan pengguna terbatas, dimulai pada pertengahan 2023. Menurut media Rusia, Kommersant, sudah ada lebih banyak artikel di Ruwiki daripada di segmen bahasa Rusia di Wikipedia.

 

Rusia mengatakan pihaknya belum berencana untuk memblokir Wikipedia. Wikipedia sendiri saat ini adalah salah satu dari sedikit sumber informasi independen yang masih ada di Rusia sejak tindakan keras Negara Beruang Merah terhadap konten online meningkat setelah invasi Moskow ke Ukraina pada Februari 2022.

 

Namun, pengadilan Rusia telah menjatuhkan serangkaian denda kepada ensiklopedi online tersebut atas konten terkait Ukraina.

 

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال