Pj Bupati Pulang Pisau bersama OPD Tandatangani Komitmen Bersama Penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Kabupaten Pulang Pisau

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani Melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kabupaten Pulang Pisau, dilaksanakan di Aula Banama Tingang, Kantor Bupati Pulang Pisau. Selasa, (06/02/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau - Dukung terwujudnya Satu Data Indonesia di Kabupaten Pulang Pisau, Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya melaksanakan Penandatanganan Komitmen Bersama Penyelenggaraan Satu Data Indonesia (SDI) Tingkat Kabupaten Pulang Pisau.

Badan Pusat Statistik (BPS) Pulang Pisau sebagai Pembina data, Badan Perencanaan Pembangunan, Riset dan Inovasi Daerah (Bapperida) sebagai Sekretariat, dan juga Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) Pulang Pisau sebagai Wali Data.

Adapun Pelaksanaan tersebut dilakukan untuk mendukung terwujudnya sistem statistik nasional yang konsisten, efesien dan Efektif melalui Satu Data Indonesia (SDI) di Kabupaten Pulang Pisau.

Melalui Dinas Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfostandi) selaku wali data, menghimpun data sektoral dari seluruh produsen data, mengumpulkan metadata dan standar data yang disampaikan oleh setiap OPD, dan menyebarluaskan data di portal Satu Data Indonesia, yang kemudian secara bersama-sama mendorong keterbukaan maupun transparansi data di Kabupaten Pulang Pisau.

“Produsen data yaitu para OPD memegang peranan kunci untuk bertanggung jawab pada ketersediaan data sektoral yang sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing,” ungkap Pj Bupati Pulang Pisau, Selasa (06/02/2024).

Pada penyelenggaraan satu data Indonesia, setiap tahunnya akan dilakukan evaluasi penyelenggaraan statistik sektoral (EPSS), yang dimulai pada tahun 2023.

“IPS ini nantinya akan menjadi indikator kinerja utama pemerintah daerah yang akan ditetapkan oleh Kemendagri, serta acuan program pembinaan statistik sektoral di daerah,” ungkapnya.

Pj Bupati Pulang Pisau berharap agar kiranya Pemerintah Daerah bersama Pihak terkait untuk saling mendukung, bekerjasama, berkoordinasi dan kolaborasi yang berkelanjutan, dalam forum satu data, yang dihimpun dalam sekretariat satu data Indonesia tingkat Kabupaten Pulang Pisau.(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال