Tak Hanya WNI, Setiap Turis di Thailand Diharuskan Bawa Uang Cash Rp. 6,5 Juta

KBRI Bangkok Menghimbau untuk Membawa Uang Vash Minimal Rp 6,5 Juta Bila Ingin berkunjung ke Thailand, Tak Hanya untuk Turis Indonesia. Namun Berlaku untuk Semua Negara yang Warganya Ingin Berkunjung ke Thailand. Foto/ Grand Palace & Wat Phra Keaw/ traveloka.com

POSSINDO.COM, Wisata -KBRI Bangkok menghimbau WNI untuk membawa uang cash minimal Rp 6,5 juta bila ingin berkunjung ke Thailand. Sejatinya, aturan membuktikan kemampuan finansial ini berlaku untuk semua negara.


Mari kita lihat kembali himbauan yang diberikan oleh KBRI Bangkok beberapa waktu lalu. Mereka mengingatkan traveler untuk menyiapkan uang cash 15.000-20.000 Baht sebelum masuk ke Thailand.

"Berdasarkan ketentuan Imigrasi Thailand, WNA yang melakukan kunjungan singkat dengan bebas visa ke Thailand perlu menunjukkan bukti kemampuan finansial untuk menunjang hidup selama berada di Thailand," tulis akun @Indonesiainbangkok.

Dalam kolam komentarnya, KBRI Bangkok pun merinci kemampuan finansial dengan minimal membawa uang tunai sebesar 15.000-20.000 Baht per orang (sekitar Rp 6,5 juta- Rp 8,6 juta).

Bila kita lihat dalam websitenya Thai Embassy, dirinci poin-poin apa saja yang diperlukan untuk turis yang ingin mengurus visa ke Thailand. Salah satunya adalah bukti keuangan yang nilainya setara 10.000 Baht untuk perorangan dan 20.000 Baht per keluarga.

"Kalau aturan yang tertulisnya adalah memiliki dana atau uang yang cukup untuk membiayai selama kita liburan. Nah, standar cukup setiap orang kan berbeda-beda. Kalau kita search di internet seperti dari Thai visa, Thai Embassy, untuk visa kunjungan minimalnya 10.000 baht (sekitar Rp 4,3 juta) buat untuk perorangan dan 20.000 baht (Rp 8,6 juta) per keluarga. Nah, Indonesia kan negara bebas visa, jadi acuannya ke sana," ungkap Public Relations Officer Tourism Authority of Thailand, Stephanie Valencia saat dihubungi, Jumat (23/2/2024).

Aturan menunjukkan kemampuan finansial ini tak hanya untuk turis Indonesia. Namun berlaku untuk semua negara yang warganya ingin berkunjung ke Thailand.

"Aturan ini untuk semua wisatawan asing dan kebetulan yang nilainya ini aku cek adalah untuk negara-negara yang aku cek ini adalah negara bebas visa, dan salah satunya Indonesia, makanya masuk yang 10.000 Baht ini," ujarnya.

Valencia juga memaparkan bahwa concern terkait membawa uang cash ini hanya terjadi di Indonesia saja. Negara lain yang bebas visa Thailand tidak khawatir akan hal ini.

"Aku sempat menanyakan hal ini juga ke direktur, apakah negara-negara yang bebas sisa lain itu punya concern yang sama atau enggak. Dan mereka enggak ada concern ini sih," lanjutnya.

Setelah melihat postingan KBRI Bangkok, ramai netizen yang menceritakan pengalamannya saat dihadap di imigrasi Thailand bahkan hingga disuruh balik kanan. Jadi banyak yang baru 'ngeh' jika masuk Thailand harus membawa uang cash.

Sumber : detik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال