Tim SAR Gabungan Temukan Black Box Pesawat Smart Air Jatuh di Nunukan Kalimantan Urara

Tim SAR Menunjukkan Black Box Pesawat Pilatus yang berhasil Ditemukan. Black box Akan Segera Diperiksa untuk Mengetahui Penyebab Jatuhnya Pesawat di pegunungan Binuang Krayan, Nunukan, Kaltara. Foto/Dok.SAR Tarakan

POSSINDO.COM, Peristiwa -Tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, TNI, dan Polri, berhasil menemukan dan mengevakuasi black box atau kotak hitam dan emergency locator transmitter (ELT) milik pesawat Smart Air yang jatuh di wilayah Kecamatan Krayan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kepala Kantor SAR Tarakan, Syahril, mengungkapkan seluruh operasi keselamatan dan evakuasi tim SAR dari lapangan berjalan baik, meski sempat terkendala cuaca yang tak menentu. 

"Sejak pukul 10.45 WITA, tim SAR take off dari Bandara Juwata Tarakan. Proses evakuasi black box dan ELT sempat terkendala cuaca. Evakuasi baru bisa dilakukan pada pukul 15.00 WITA," ujarnya, Senin, 11 Maret 2024.

Syahril mengapresiasi seluruh unsur yang terlibat dalam proses pencarian hingga evakuasi insiden jatuhnya Smart Air. Termasuk TNI dan Polri di Tarakan dan Malinau beserta Bandara Juwata Tarakan.

Usai menyambut kedatangan rescuer, termasuk black box, kegiatan penyerahan dilakukan kepada tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dari Kepala Kantor SAR Tarakan. Alat yang diserahkan yakni alat perekam data penerbangan atau black box serta ELT pesawat PK SNE.

"Dengan berhasilnya evakuasi kotak hitam beserta alat ELT, serta tim rescuer kembali dengan selamat dari titik jatuhnya pesawat, maka operasi SAR di hari keempat dinyatakan ditutup," imbuhnya.

Sebelumnya, pesawat milik Smart Aviation dilaporkan hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan, Jumat, 8 Maret 2024. pukul 08.25 Wita tujuan Binuang, Krayan, Nunukan.

Pesawat perintis ini membawa sembako sebanyak 21 item dengan berat 583 kilogram. Item tersebut di antaranya gula sebanyak 25 kilogram, pasta gigi, kopi, dan permen.

Sumber : metrotvnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال