Lomba Karungut Kabupaten Kapuas Diharapkan Jadi Media Pelestarian dan Peningkatan Budaya

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Kapuas, Apollonia (tengah) saat Bersama Peserta Lomba Karungut pada Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 di gelar di Lapangan Bukit Ngalangkang Kapuas. Minggu, (21/04/2024). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kapuas -Lomba Karungut menjadi salah satu lomba yang sangat menarik dalam rangkaian Kegiatan Festival Seni Budaya Tingang Menteng Panunjung Tarung Kabupaten Kapuas tahun 2024 dalam rangka Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke-218 dan Ulang Tahun Pemerintah Kabupaten Kapuas ke - 73.

Adapun tujuan digelarnnya Lomba Karungut tersebut sebagai upaya pelestarian seni budaya khas Kalimantan Tengah, melalui Lomba Karungut, pewaris Seni Karungut diharapkan dapat memperoleh rasa bangga terhadap budaya orang Dayak.

Peserta lomba merupakan utusan dari beberapa Sanggar, Sekolah dan Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas yang mana di ketahui jumlah peserta yaitu 19 peserta kategori putra serta 20 peserta kategori putri.

Adapun tim juri Lomba Karungut ini terdiri dari tiga orang yang ahli dibidangnya, diketuai oleh Ragus Rumbang dengan Agon sebagai Sekretaris dan Umeliadie sebagai anggota yang mana mereka memiliki tugas menilai penampilan para peserta berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olah Raga (Disparpora) Kabupaten Kapuas Apollonia saat membuka kegiatan tersebut mengatakan acara ini menjadi tugas dan pokok pihaknya, dimana salah satu visi misi dari Pj Bupati untuk peningkatan dan kemajuan budaya dan pariwisata di Kabupaten Kapuas.

“Kepada anak-anak di era moderenisasi ini jangan sampai hanya tau budaya modern yang biasa didengar maupun dilihat, tetapi juga harus tau adat istiadat budaya yang harus dilestarikan seperti dalam Festival Budaya Tinggang Menteng Panunjung Tarung ini harus tetap kita lestarikan yang memang menjadi kebanggaan orang Dayak,” ungkapnya,

Lebih lanjut, Ia mengatakan event ini memang dari tahun ke tahun diadakan mengingat bahwa event ini juga akan di lombakan di Tingkat Provinsi oleh karena itu dirinya mengharapkan para peserta yang mengikuti lomba karungut untuk menampilkan yang terbaik Kadis Disparpora tersebut juga berpesan kepada  tim juri agar menilai secara obyektif dan professional.(Glas)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال