PSSI Protes ke AFC Soal Kontroversi Wasit Laga Qatar VS Indonesia di Fase Grup Piala Asia U-23 2024

Wasit Nasrullo Kabirov saat Memberi Kartu Merah Kepada Pemain Timnas Indonesia Ivar Jenner. Foto/limitnews.net

POSSINDO.COM, Olahraga -Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Sumardji menyatakan nota protes terkait kepemimpinan wasit sudah dikirim ke AFC terkait pertandingan Qatar vs Indonesia di fase grup Piala Asia U-23 2024.

"[Surat protes ke AFC] sudah dikirim barusan," kata Sumardji kepada CNNIndonesia.com, Selasa (16/4).

Dalam pernyataan keberatannya, PSSI juga menyertakan empat bukti video keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang dianggap janggal. Keempat video itu berisi momen-momen kunci yang dianggap merugikan Timnas Indonesia U-23.

Video pertama merupakan momen pelanggaran Ivar Jenner yang berbuah kartu kuning pertama di menit ke-14. Saat itu Ivar Jenner tengah berduel fifty-fifty dengan pemain Qatar, Mahdi Salem. Wasit menganggap Jenner melakukan tindakan ofensif dengan kaki sehingga diganjar kartu kuning.

Video kedua berisi insiden tangan pemain Qatar, Jassem Gaber Abdulsallam yang mengenai wajah Pratama Arhan ketika sedang mempertahankan bola. Protes terhadap Arhan tak digubris wasit usai tindakan itu.

Lalu video ketiga merupakan momen pelanggaran Rizky Ridho di dalam kotak penalti pada menit ke-40. Ridho nampak berupaya mencegah pergerakan Mahdi Salem yang ingin memenangkan bola dari umpan lambung. Namun wasit menyatakan Ridho melakukan kesalahan terhadap Salem.

Pelanggaran yang dinyatakan lewat keputusan VAR ini membuahkan tendangan penalti untuk Qatar. Tuan rumah sukses memanfaatkan kesempatan untuk membuka keran gol lewat titik putih.

Video terakhir yang dikirim PSSI adalah momen kartu kuning kedua sekaligus kartu merah terhadap Ivar Jenner di awal babak kedua. Jenner dianggap melakukan kesalahan fatal terhadap Saif Eldeen Hassan pada menit ke-47.

Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال