Tips Menjaga dan Mengatasi Gula Darah Naik saat Lebaran

Ada Beberapa Upaya yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Gula Darah yang Naik pada saat Lebaran. Foto/ Endeustv

POSSINDO.COM, Ragam -Perayaan Idul Fitri tinggal menghitung hari saja, kurang terasa lengkap jika tidak dengan hidangan khas yang memanjakan lidah seperti kue nastar, berbagai camilan, minuman, hingga opor, dan rendang.

Walau demikian, sebaiknya tetap bijak dalam menyantap, apalagi jika kita sudah memiliki penyakit kronis. Dalam jangka pendek, konsumsi makanan dengan tinggi gula bisa memicu kenaikan berat badan.

Selain itu, makanan yang mengandung tinggi gula juga berisiko menyebabkan terjadinya kenaikan gula darah dalam tubuh. Pada penderita diabetes, menjaga kadar gula darah tetap normal sangat penting untuk mencegah komplikasi.

Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi gula darah yang naik terutama pada saat Lebaran, yaitu:

1. Perhatikan porsi

Dokter spesialis penyakit dalam Rudy Kurniawan mengatakan, hal paling penting dalam menjaga kadar gula darah tidak naik utamanya dengan memperhatikan porsi makan. Melakukan kontrol porsi dapat membantu mencegah gula darah naik atau melonjak tinggi terutama dalam menyantap makanan-makanan manis dan berlemak saat Lebaran.

2. Tetap olahraga

Mengimbangi banyaknya asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh, luangkan waktu untuk melakukan olahraga.

3. Kontrol asupan karbohidrat

Tubuh memecah karbohidrat menjadi gula (sebagian besar glukosa), kemudian insulin memproses gula ke dalam sel. Ketika makan terlalu banyak karbohidrat atau memiliki masalah dengan fungsi insulin, proses ini gagal dan kadar glukosa darah meningkat.


Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال