Kelapa Sawit Jadi Komoditas Pilihan Masyarakat Pulang Pisau pada Sektor Perkebunan

Kepala Bidang Perkebunan, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau, Tata Ali Sumitra. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau –Kelapa sawit menjadi komoditas yang paling banyak dipilih masyarakat di Kabupaten Pulang Pisau pada sektor perkebunan.

Hal tersebut dijelaskan Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau, Godfridson melalui Kepala Bidang Perkebunan, Tata Ali Sumitra, dari empat komoditi perkebunan yang ada seperti sawit, karet, kelapa, dan kopi sebagian besar masyarakat lebih cenderung mengembangkan perkebunan sawit.

Meluasnya perkebunan tersebut terlihat sejak tahun 2010, bahkan tidak sedikit masyarakat beralih fungsi ke tanaman kelapa sawit yang dianggap lebih strategis untuk meningkatkan perekonomian.

Meskipun perkebunan karet di Kabupaten Pulang Pisau yang dikelola masyarakat terbilang cukup luas dan tersebar di delapan kecamatan, namun masyarakat cenderung lebih memilih sawit. Setiap tahunnya perkebunan sawit terus meluas dan di 2023 tercatat ada kenaikan mencapai 1.459 hektare perkebunan sawit yang dikelola masyarakat.

“Berkembangnya budidaya kelapa sawit tentunya Pemerintah Daerah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Pertanian akan terus melakukan pembinaan dan sosialisasi kepada masyarakat. Diantaranya meminta masyarakat menggunakan bibit sawit berkualitas, bersertifikat, dan berlabel agar bisa menghasilkan panen yang memuaskan”ungkapnya, Sabtu (11/05/2024).(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال