Reakreditasi Puskesmas Bahaur Hilir, Kahayan Kuala

Tim Survei re akreditasi berfoto bersama dengan Jajaran Dinkes, Forkopimcam serta Pegawai Puskesmas usai melakukan verifikasi di Puskesmas Bahaur Hilir pada Sabtu (18/05/2024) tadi. Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Dalam rangka kegiatan survei re akreditasi, Tim surveyor dari Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Primer (Lafkespri) Dr Simon Biring., MPH (Ketua Tim) dan Esti Krismiyatun S.,Kep., Ns., M.Kep, FISQua (Anggota Tim), melakukan verifikasi secara langsung di Puskesmas Bahaur Hilir pada Sabtu (18/05/2024) tadi.

Kegiatan yang bertempat langsung di Halaman Kantor Puskesmas Bahaur Hilir Kecamatan Kahayan Kuala tersebut berjalan meriah. Nampak Kepala Dinas Kesehatan (Kadinskes ) Pulang Pisau dr Pande Putu Gina serta Jajaran Dinkes, Camat Kahayan Kuala, Polsek Kahayan Kuala dan Danramil setempat serta Kepala Puskesmas Bahaur Hilir Jajaran Puskesmas.

Kegiatan verifikasi secara langsung ini mulai wawancara dengan pimpinan dan lintas sektor kemudian telusur dokummen serta telusur lapangan dan wawancara ke beberapa Kader Pos Yandu.

Proses Re akreditasi Puskesmas Bahaur Hilir

Kartono Kepala Puskesmas Bahaur Hilir menyampaikan jika Reakreditasi telah direncanakan dr th 1022 namun Karena waktu itu masih terjadi Covid 19 maka diundur sampai wabah Covid19 selesai. Kemudian di tahun 2023 mulai diadakan lagi reakreditasi pada pada 6 PKM, yaitu PKM Sebangau, Maliku, Pulpis, Bereng, Jabiren dan Bukit Rawi.

Kemudian tahun 2024 berlanjut Reakreditasi Pada 6 PKMk, Yaknis Puskesmas Pangkoh, Bahaur Hilir, Bahaur Tengah, Tahai , Bawan dan Puskesmas Tangkahen. Dikatakan dirinya untuk Puskesmas Bahaur Hilir persiapan yang dilakukan sudah mulai berproses sejak di keluarkannya SK penetapan puskesmas yang di Reakreditasi dari bulan Agustus 2023 lalu.
 
Tim Survei re akreditasi saat melakukan wawancara dengan b Jajaran Dinkes, serta Pegawai Puskesmas usai melakukan verifikasi di Puskesmas Bahaur Hilir pada Sabtu (18/05/2024) tadi. Foto/IST

“Pada Prosesnya memang ada kendala namun seiring berjalan kita lengkapi sesuai dengan standar, terlebih dengan adanya kerjasama, saling dukung, baik antara Dinkes dan Puskesmas serta semua petugas yang terlibat baik kader, kades camat atau unsur Tripika semua mendukung jadi kendala terasa ringan,” ungkap Kartono.

Dukungan Dinkes Dianggap Cepat Tanggap

Dukungan Dinkes sebagai induk organisasi pemerintah di bidang kesehatan tingkat kabupaten di sebut Kepala Puskesmas Bahaur, kartono sangat membantu. Terutama dalam mengkoordinasikan dan menjembatani ketika kami di Puskesmas menemukan beberapa masalah baik dari segi administrasi hingga hal-hal tehknis lain. Saat disampaikan, Dinkes langsung merespon cepat sehingga sampai pada tahapan penilaian dari lembaga yang independen utk akreditasi paskes SPT yg ditetapkan oleh pemerintah. 
 
Kadinskes Pulang Pisau dr Pande Putu Gina dan Camat Kahayan Kuala saat menyambut kedatangan Tim Survei re akreditasi dalam verifikasi di Puskesmas Bahaur Hilir pada Sabtu (18/05/2024) tadi. Foto/IST

“Harapan kami dengan dilaksanakannya akreditasi ini, maka pelayanan Puskesmas kedepan bisa lebih bermutu, serta maKin mendapat dukungan dan kepercayaan masyarakat bahaur. Kami juga akan terus maksimal dalam memberikan rasa nyaman dan Pelayanan pada masyarakat. Secara perlahan saat ini masyarakat sudah memahami arti pentingnya hidup sehat dan itu bagus dan bisa semakin membuat lebih berkualitas kehidupnya,” Ujar Kartono.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan dr Pande Putu Gina sebelumnya berharap Sebanyak enam puskesmas yang menjalani reakreditiasi akan naik kelas ke paripurna. Minimal naik kelas dari sebelumnya. Harapan itu wajar karena pihaknya sudah melakukan persiapan dan pengalaman dari akreditasi sebelumnya.

" Jadi poin-poin penilaian kekurangan itu sudah tahu dan tinggal melengkapi,” ungkap dr Pande. (Lp/Sam)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال