Apa Kira-Kira Dampak Pemilu 2024 Bagi Ekonomi Indonesia

Penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2024 Akan Diselenggarakan Beberapa Bulan Kedepan, Lalu Apa Pengaruh Bagi Ekonomi Indonesia. Foto/Net

POSSINDO.COM, Opini -Penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2024 diprediksi tidak mengganggu perekonomian, justru berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi, inflasi, hingga investasi Indonesia.

Chief Economist Bank Mandiri Andry Asmoro menilai, adanya tahun politik  dengan penyelenggaraan Pemilu dan Pilpres 2024 tersebut akan mendorong kenaikan inflasi, kendati begitu lonjakannya diprediksi tidak akan terlalu besar. Hal itu dikarenakan pertumbuhan ekonomi nasional yang cenderung melambat.

"Kalau saya liat biasanya inflasi tidak terlampau besar ya di tahun politik. Kita lihat 2014, 2019, 2024 itu tidak akan terlalu besar, karena di tahun politik pertumbuhan ekonominya cenderung agak slow down," kata Asmo dalam acara pelatihan wartawan BI di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Minggu (10/9/2023).

Disisi lain, Andry memprediksi konsumsi masyarakat akan tetap terjafa stabil di level 5 persen. Menurutnya, yang perlu diwaspadai adalah penurunan investasi. Lantaran, ketika memasuki tahun politik biasanya investor cenderung menunggu dan melihat (wait and see) dalam berinvestasi pada momen tersebut.

"Jadi, memang PR pemerintah pusat dan pemerintah daerah bagaimana kita tetap menjaga. Paling tidak kita bisa dapatkan pertumbuhan investasi yang memang relatif lebih terjaga stabil," jelasnya.

Sumber : liputan6.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال