Cegak Dampak Buruk Akibat Asap, Disdik Kotawaringin Timur Edarkan Surat Himbauan

(Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim Muhammad Irfansyah. Foto/IST

POSSINDO.COM, Kotawaringin Timur -Kualitas udara di Kota Sampit sempat masuk kategori Sangat Tidak Sehat  akibat Maraknya kebakaran lahan di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dalam dua pekan terakhir ini, untuk mencegah dampak buruk asap, Disdik edarkan surat imbauan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotim Muhammad Irfansyah. Mengatakan, pihaknya khawatir kabut asap yang terjadi di Kota Sampit berdampak terhadap kesehatan peserta didik dan tenaga pendidik. Maka pihaknya pun mengambil langkah antisipasi sedini mungkin, karena keselamatan dan kesehatan terhadap mereka menjadi prioritas.

“Kami mengimbau sekolah atau satuan pendidikan mengambil langkah yang diperlukan untuk mencegah peserta didik dan tenaga pendidik mengalami dampak buruk asap akibat kebakaran hutan dan lahan, karena keselamatan dan kesehatan menjadi prioritas. Kami persilakan mereka mengambil kebijakan sesuai yang dianjurkan sesuai kondisi di wilayah masing-masing,” kata Irfansyah, Rabu (6/9)

Dirinya mengatakan, Surat imbauan tersebut sudah pihaknya diterbitkan pada 1 September 2023, atas nama Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kotawaringin Timur Nomor: 421.1/5808/S8ET/2023 tentang Pengelolaan Kegiatan Pembelajaran di Musim Kemarau tahun 2023.

“Surat tersebut kami tujukan kepada koordinator pendidikan wilayah kecamatan, pengawas SD, pengawas SMP dan penilik Satuan PAUD PNF, kepala satuan PAUD, kepala SD dan SMP Se-Kabupaten Kotim,” sampai Irfansyah.

Menurutnya imbauan tersebut dilakukan, karena pihaknya memerhatikan indeks standar pencemaran udara (ISPU), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk Wilayah Kabupaten Kotim pada 1 September 2023 telah memasuki kategori kualitas udara tidak sehat. Dan bersifat merugikan kesehatan. Maka pihaknya juga meminta para guru dan peserta didik untuk menggunakan masker, serta pihak sekolah meniadakan atau mengurangi aktivitas di luar ruangan.(Alexis)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال