Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak oleh Wagub Kalteng

Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak oleh Wagub Kalteng,  yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km. 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (9/9/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Kotawaringin Timur -Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng melakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik Pakan Ternak, yang dipusatkan di Trans Parenggean-Tumbang Sangai Km. 9, Desa Bukit Harapan Kecamatan Parenggean Kabupaten Kotawaringin Timur, Sabtu (9/9/2023).

Wagub Kalteng Edy Pratowo saat membacakan sambutan Gubernur Kalteng mengatakan, sebagai salah satu sumber pangan yang strategis, kebutuhan terhadap komoditas peternakan seperti daging sapi, telur dan daging ayam terus meningkat dan sering fluktuatif baik dari sisi ketersediaan maupun harga di pasaran, dapat berdampak terhadap inflasi.

“Selama ini pemenuhan daging sapi, telur dan daging ayam sebagian masih dari luar Kalimantan Tengah. Hal ini tidak terlepas dari jumlah populasi dan produksi beberapa produk peternakan masih rendah”ucapnya.

Pada saat ini, kebutuhan pakan ternak unggas di Kalimantan Tengah lebih kurang sebesar 338,25 ribu ton. Sebanyak 172,65 ribu ton untuk usaha unggas yang bergabung dalam korporasi, yang sudah terbangun sistem hulu-hilirnya. Sedangkan untuk kebutuhan peternak mandiri atau peternak rakyat sebesar 165,60 ribu ton yang memerlukan jaminan ketersediaan dan harga yang terjangkau.

“Kehadiran pabrik pakan di Kalimantan Tengah diharapkan menjadi solusi bagi permasalahan usaha peternakan unggas mandiri, dan menarik minat investasi dalam pengembangan usaha peternakan lainnya” kata Edy.

“Selain itu menyediakan pakan ternak yang berkualitas dan terjangkau, sekaligus menjawab keraguan dari pihak perusahaan pakan bahwa Kalteng mampu menyediakan bahan baku pakan yang berkualitas dan berkelanjutan, sehingga ke depannya dapat mendorong investasi usaha peternakan yang lebih luas” sambungnya.

Pabrik pakan yang dibangun di Desa Bukit Haparan, Kecamatan Parenggean ini mempunyai kapasitas produksi 10 ton/jam atau 80 ton/hari, yang memproduksi pakan untuk ternak unggas, ruminansia dan ikan.

Selanjutnya ia menyebut bahwa pembangunan pabrik pakan ini merupakan salah satu program prioritas tahun 2023 sebagai komitmen Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah sebagai wujud pengabdian kita dalam membangun Kalimantan Tengah, guna mewujudkan “Kalteng Makin BERKAH”.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas TPHP Prov. Kalteng Sunarti menyampaikan laporan bahwa kegiatan ini merupakan tanda dimulainya pembangunan pabrik pakan ternak di Kalimantan Tengah, sebagai sebuah komitmen bersama antara Pemprov. Kalteng dan seluruh stakeholders terkait, dalam mendukung berdirinya pabrik pakan berskala industri di Prov. Kalteng sebagai solusi memenuhi ketersediaan penyediaan pakan ternak yang berkualitas dan terjangkau.

“Pelaksanaan pekerjaan konsruksi pabrik pakan dilaksanakan oleh CV. Heditya Jaya, untuk perencaaan oleh CV. Mentaya Geografic Konsultindo dan pengawasan oleh CV. Bangun Karya Perkasa Gesang” ujarnya.

“Pembangunan pabrik pakan di Kecamatan Parenggean ini dilakukan secara bertahap, pada tahap pertama bangunan produksi dan kantor, dan tahap berikutnya adalah pengadaan peralatan serta bangunan pendukung lainnya” pungkasnya.(Alexis)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال