7 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Saat Beraktivitas di Cuaca Panas

Fenomena Suhu Panas Meningkat Tengah Melanda Sejumlah Wilayah Indonesia pada Musim Kemarau dalam Beberapa Bulan Ini. Foto/Canva

POSSINDO.COM, Ragam -Fenomena suhu panas meningkat tengah melanda sejumlah wilayah Indonesia pada musim kemarau dalam beberapa bulan ini. Pada periode 22-29 September 2023 lalu, beberapa wilayah di Indonesia mengalami suhu maksimum dengan kisaran suhu 35-38 derajat Celcius pada siang hari.

Berikut tips menjaga kesehatan tubuh saat cuaca panas, ini sesuai dengan anjuran dari National Center of Environmental Health Amerika.

Pertama, kata dia, sebisa mungkin membatasi kegiatan di luar ruangan. Khususnya, saat tengah hari, ketika matahari sedang panas-panasnya.

Kedua, minum air lebih banyak dari biasa dan jangan menunggu haus. Minumlah sesering mungkin karena kurang minum dapat terjadi dehidrasi dan berhubungan dengan gejala keram di otot. Bukan tidak mungkin itu merupakan gejala awal dari gangguan kesehatan akibat cuaca panas.

Ketiga, gunakan pakaian yang berwarna cerah dan relatif longgar. Keempat, jangan sampai meninggalkan anak-anak di dalam mobil.

Kelima, pilih waktu yang tidak terlalu panas ketika hendak berolahraga di luar ruangan. Bisa di pagi hari atau sore hari, bahkan malam.

Keenam, lebih baik banyak berada dalam ruangan yang terlindung. Sesuai kondisi yang ada, maka pendingin ruangan tentu membantu walau tidak mutlak.

Ketujuh, bila memang cuaca amat panas maka mandi dengan air dingin tentu akan membantu, dan baik dilakukan. Terakhir, ikuti perkembangan berita terakhir tentang cuaca panas di daerah masing-masing dari sumber-sumber terpercaya.


Sumber : medcom.id

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال