Fokus Penurunan Stunting, Pj Bupati Pulang Pisau Launching Program Permata Kuning

Kegiatan Launching Pemberian Makanan Tambahan Anak Kurus dan Stunting (Permata Kuning) di Kelurahan Kelawa Kecamatan Kahayan Hilir, Sabtu (18/11/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Upaya penurunan stunting, Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani melaunching Program Permata Kuning sebuah akronim dari Pemberian Makanan Tambahan Anak Kurus dan Stunting di Desa/Kelurahan Lokus Stunting Kelurahan Kalawa Kecamatan Kahayan Hilir.

Pada kegiatan ini juga ibu Pj. Bupati Pulang Pisau menyerahkan bantuan makan tambahan kepada ibu hamil dan menyusui sebagai upaya pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Pulang Pisau khususnya di kelurahan Kalawa, selanjutnya ia juga meninjau makanan hasil olahan TP PKK Desa/Kelurahan Kalawa.

Dalam arahannya Pj Bupati minta kepada Kecamatan dan Desa/Kelurahan Lokus Stunting agar terus berupaya untuk bisa menurunkan hingga 14 % pada tahun 2024.

“Dalam hal ini diperlukan upaya bersama untuk mencapai target yang telah ditetapkan, salah satunya dimulai dari unit terkecil dalam masyarakat yaitu keluarga” ujarnya, Sabtu (18/11/2023).

Ia menjelaskan, kondisi keluarga beresiko stunting di Pulang Pisau saat ini menurut analisa data per September 2023 ada sebanyak 21,39 persen.

"Dengan pertimbangan angka prestasi dan indikasi keluarga beresiko stunting, tentu harus secepatnya dilakukan penanggulangan dengan pemberian makanan tambahan dan penyerahan bahan makanan yang akan diolah dan dikelola oleh TP-PKK Desa" ucap Nunu.

Ia juga berpesan kepada ketua TP PKK Desa khususnya yang hadir dalam kegiatan Launching Permata Kuning hari ini nantinya tidak hanya mengelola bahan makanan yang sudah diserahkan, namun hendaknya juga bisa mengingatkan selalu kepada ibu-ibu maupun keluarga (orang tua) yang memiliki bayi, balita dan juga ibu hamil agar bisa rutin membawa bayi, balitanya ke Posyandu dan juga rutin memeriksakan kehamilannya untuk ibu-ibu hamil di wilayahnya.(Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال