Dugaan Penyebab Ledakan Tungku Smelter Milik PT ITSS yang Tewaskan 13 Orang

PT IMIP mengungkapkan penyebab ledakan dan kebakaran tungku smelter PT ITSS di Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada Minggu (24/12/2023). Foto/Tangkapan Layar/Video Beredar

POSSINDO.COM, Peritiwa -PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel (ITSS) merupakan salah satu smelter nikel yang beroperasi di wilayah PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). PT IMIP berlokasi di Desa Fatufia, Kecamatan Bahodopi, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulteng.

Kejadian ledakan yang berujung pada kebakaran tungku smelter milik PT ITSS terjadi sekitar pukul 05.30 WITA.

Akibatnya, sebanyak 13 orang tewas dan 46 lainnya luka-luka. Di antara korban tewas, ada empat tenaga kerja asing (TKA). Lantas, apa penyebab ledakan tersebut? Berikut informasi selengkapnya.

Kebakaran di pabrik pengolahan nikel tersebut berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.10 WITA.

Kepala Divisi Media Relations PT IMIP, Dedy Kurniawan, menyampaikan dugaan penyebab dan kronologi ledakan dalam pernyataannya.

Dugaan sementara menyebut bagian bawah tungku masih mengandung cairan yang memicu ledakan.

“Dari hasil investigasi awal, ledakan diduga terjadi karena adanya cairan pemicu ledakan di bagian bawah tungku,” katanya.

Ledakan awal memicu meledaknya beberapa tabung oksigen di sekitar area kejadian.

“Ada banyak tabung oksigen di lokasi yang digunakan untuk pekerjaan pengelasan dan pemotongan komponen tungku,” tambahnya, dikutip dari TribunPalu.com.

Sumber : tribunnews.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال