Mengenal Fakta Unik dari Srimulat, Grup Lawak Pertama yang Tampil di TV

Srimulat Merupakan Grup Lawak Legendaris Indonesia yang Pertama Kali Tampil di TV. Foto/detik.com

POSSINDO.COM, Ragam -Grup lawak legendaris Indonesia, Srimulat, kini kembali menjadi perhatian penikmat komedi di Indonesia. Hal ini setelah kisah tentang Srimulat kembali diangkat ke dalam film dengan pemain baru yang memerankan sejumlah karakter anggotanya seperti Tarzan, Gepeng, Tessy, Nunung, Basuki, dan lainnya. 

Sudah 70 tahun berdiri

Usia grup lawak Srimulat ternyata sudah berusia 73 tahun. Srimulat pertama kali didirikan pada tahun 1950 di Solo, Jawa Tengah. Pendirinya ialah Teguh Slamet Rahardjo dan istrinya, Raden Ayu Srimulat. Nama grup lawak Srimulat sendiri diambil dari nama istri Teguh.

Awalnya grup seni tari

Sebelum dikenal sebagai grup lawak, Srimulat pada awal berdirinya mementaskan seni suara dan tari. Lokasi pertama pertunjukkan Srimulat adalah Taman Sriwedari yang ada di kota Solo. Nama acaranya adalah Gema Malam Srimulat.

Ganti nama

 

Selama perjalanannya dalam berkesenian, Srimulat sempat beberapa kali berganti nama, sampai akhirnya menjadi Aneka Ria Srimulat.

 

Srimulat jadi grup lawak nasional

 

Setelah tampil di beberapa kota besar, Srimulat akhirnya merambah ibu kota, yakni Jakarta. Pada tahun 1972, Srimulat rutin tampil di Taman Ismail Marzuki alias TIM di Cikini, Jakarta Pusat. Srimulat mendapat jadwal tampil tiap empat bulan sekali.

 

Grup lawak pertama yang tampil di televisi

 

Setelah merambah Jakarta, Srimulat semakin meroket. Puncaknya, Srimulat mendapat tawarkan untuk menghibur masyarakat melalui televisi. Pada tahun 1982, Srimulat tampil di TVRI. Srimulat mendapatkan jadwal tampil tiap satu bulan sekali. Hal ini membuat Srimulat jadi grup lawak pertama yang tampil di televisi nasional Indonesia.

 

Jadi langganan di televisi

 

Kesuksesan menghibur di TVRI membuat Srimulat kebanjiran job. Stasiun televisi lainnya yang mulai bertumbuh di Indonesia saat itu juga turut mengundang Srimulat menjadi penampil. Banyak program dan acara komedi yang dihiasi anggota Srimulat dengan rating yang selalu tinggi.

 

Anggota Srimulat sukses solo karier

 

Meski kini Srimulat sudah tak seaktif dulu, tetapi banyak anggotanya tetap menjadi pelawak dengan bersolo karier.

Sumber : kompas.com

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال