5 Kebiasaan Ini Dapat Mempertajam Daya Ingat

Daya Ingat adalah Satu Hal yang Sangat Penting dalam Kehidupan Manusia. Foto/jojonomic.com

 
POSSINDO.COM, Ragam -Terdapat beberapa kebiasaan untuk meningkatkan daya ingat. Selain itu, kebiasaan ini juga bisa dilakukan untuk mencegah munculnya penurunan kognitif alias pikun sejak dini.

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat daya ingat tajam dan kesehatan mental tetap terjaga.

 
1. Pilih makanan yang baik untuk otak
 
Makanan dan minuman tertentu diyakini bisa menutrisi otak dan membuat kesehatan mental lebih terjaga. Beberapa makanan itu misalnya, kacang-kacangan, ikan, dan buah beri. Selain itu, konsumsi juga makanan tinggi protein dan mengandung lemak sehat.
 
2. Perbanyak bersosialisasi
 
Cobalah perbanyak menjalin hubungan sosial yang tulus juga menghabiskan waktu berkualitas bersama orang-orang terkasih. Semua ini merupakan unsur penting untuk kesejahteraan pribadi dan umur panjang, terutama dalam hal kesehatan otak.
 
3. Lebih percaya diri
 
Saatnya melepaskan diri dari pola pikir yang mencela diri sendiri. Pola pikir seperti itu menjebak Anda dalam lingkaran kecemasan yang membatasi kemampuan kognitif.
 
Menukil laman Center for Brain Health, membangun kepercayaan diri dan menghasilkan persepsi diri yang positif membantu mengubah cara otak bekerja menjadi lebih sehat dan inovatif.
 
4. Cari tujuan hidup
 
Saat Anda mengambil langkah bertahap menuju resolusi yang lebih besar dan menyelesaikan langkah-langkah kecil, maka Anda mengaktifkan jaringan di otak untuk memproduksi dopamin yang memotivasi sekaligus bermanfaat.
 
5. Mencatat
 
Penurunan daya ingat sebenarnya jadi hal normal seiring pertambahan usia. Tapi, hal ini bisa dicegah dengan cara melatih daya ingat melalui gali informasi terdalam yang pernah Anda lakukan.
 
Misalnya, ketika Anda melakukan sesuatu, coba ingat-ingat lagi apa saja yang mungkin dilewatkan. Anda bisa mengingatnya melalui tulisan atau catatan yang dikerjakan setiap kali selesai melakukan sesuatu. 
 
Sumber : cnnindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال