Respon KPU Terkait Kubu Prabowo dan Anies Sampaikan Keberatan MNC Group Dominasi Penyelenggara Debat

Kubu Paslon Nomor Urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan Kubu Paslon Nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Menyampaikan Keberatan Terkait Stasiun Televisi Penyelenggara Debat. Foto/Tangkapan Layar/KPU RI

POSSINDO.COM, Politik -Kubu paslon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, dan kubu paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, menyampaikan keberatan terkait stasiun televisi penyelenggara debat. Kedua kubu keberatan grup MNC mendominasi penyelenggara debat.


Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang pertama kali melayangkan protes. Sekretaris TKN Prabowo-Gibran Nusron Wahid yang menyampaikan pihaknya sudah melayangkan surat kepada KPU terkait televisi yang menyiarkan debat capres pada 7 Januari 2024 mendatang.

"Kita sudah kirim permintaan kepada KPU, agar dalam satu debat penyelenggaranya tidak dimonopoli oleh satu group TV yang pemiliknya sama dan pihak terafiliasi. Guna kasih pemerataan dan check and balance antara satu group TV dengan group TV yang lain," kata Nusron saat dikonfirmasi, Minggu (31/12).

Nusron menjelaskan televisi yang menyiarkan debat capes mendatang berada dalam satu grup perusahaan yang sama. Dia pun meminta kepada KPU agar dapat menukar di antara stasiun televisi yang ada.

"Kebetulan dalam debat ketiga, penyelenggara TV yang diusulkan KPU adalah group MNC (yaitu) MNC TV, Global TV, Inews TV, RCTI. Di mana kebetulan stasiun TV-TV tersebut kebetulan dimiliki satu group. Kita minta agar ditukar dengan TV yang lain, supaya tidak satu group mendominasi total penyelenggara debat," jelas Nusron.

Nusron menyampaikan MNC Grup merupakan milik dari Hary Tanoesoedibjo yang juga sebagai Ketua Umum Partai Perindo, salah satu anggota Koalisi pendukung pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Cak Imin Keberatan

Tak cuma TKN Prabowo-Gibran, cawapres nomor urut 1, Cak Imin, ternyata juga keberatan. Dia mengaku khawatir terkait dengan independensi sebuah media penyiaran.

"Ya tentu sama dengan yang keberatan, karena menyangkut independensi sebuah televisi siaran. Karena itu buktikan kepada seluruh TV siaran untuk menjaga independensinya," kata Cak Imin di Kampung Nelayan Kali Adem, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2024).

Cak Imin mengatakan sebagai sebuah lembaga penyiaran, nilai independensi sangat dibutuhkan. Dia menyebut tidak ragu untuk melakukan protes jika independensi itu tidak terlihat.

KPU Terima Surat Keberatan

KPU lantas buka suara terkait keberatan kedua kubu tersebut. KPU menilai semua media penyelenggara, termasuk MNC Group yang diundang memiliki kualifikasi untuk menyiarkan debat.

"KPU tidak punya pretensi apapun, terhadap siapa yang akan jadi pelaksana debat," kata Komisioner KPU RI August Mellaz kepada wartawan, Selasa (2/1/2024).

"Media penyelenggara, semua yang kami undang itu punya kualifikasi dalam menyelenggarakan penyelenggaraan debat dan masuk dalam kategori lembaga penyiaran itu saja," sambungnya.

Mellaz memastikan jika media penyelenggara debat yang diundang memiliki prinsip sebagai lembaga penyiaran. Dia menyebut hal itu entitas terpisah dari parpol.

"Itu entitas yang terpisah dari parpol segala macam di situ, sama dengan stasiun-stasiun TV yang lain, prinsipnya sama," ujarnya

Sumber : detik.com

 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال