Stock Beras Premium di Ritel Langka, Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia Angkat Bicara

Terjadi Keterbatasan Stok beras dan Pembatasan Pembelian di sejumlah Ritel. Foto/detik.com
 
POSSINDO.COM, Ekonomi -Stok beras premium di ritel masih mengalami kelangkaan. Di sejumlah tempat didapati stok beras menipis bahkan ada yang kosong total.

Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) mengaku kesulitan untuk mendapatkan supply atau pasokan beras tipe premium lokal dengan kemasan 5 kilogram (Kg) ke ritelnya.

Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey mengungkapkan, keterbatasan supply beras tersebut disebabkan saat ini belum masa panen yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan bulan Maret 2024, serta bersamaan pula dengan belum masuknya beras tipe medium (SPHP) yang diimpor Pemerintah ke ritel-ritel.

"Seperti saat ini, peritel mulai kesulitan mendapatkan supply beras tipe premium lokal dengan kemasan 5 kg, keterbatasan supply beras tersebut disebabkan saat ini belum masa panen yang diperkirakan akan terjadi pada pertengahan bulan Maret 2024 serta bersamaan pula dengan belum masuk nya beras tipe medium (SPHP) yang diimpor pemerintah," kata Roy dalam keterangan tertulisnya, dikutip Senin (12/2/2024).

"Situasi dan kondisi yang tidak seimbang antara supply dan demand inilah yang mengakibatkan kenaikan HET (harga eceran tertinggi) beras pada pasar ritel modern (toko swalayan) dan pasar rakyat (pasar tradisional)," imbuhnya.

Roy menyampaikan bahwa kondisi kenaikan harga ini telah terjadi pada berbagai wilayah di Indonesia. Ia mengatakan, kondisinya saat ini 'menular' atau 'merambat' juga pada pada berbagai komoditi bahan pokok dan penting lainnya

Untuk itu, Roy meminta agar pemerintah merelaksasi HET dan Harga Acuan, serta aturan mainnya untuk sementara waktu atas komoditi bahan pokok dan penting seperti Beras, Gula, Minyak Goreng dan beberapa komoditi lainnya yang berpotensi mengalami kenaikan harga di bulan Februari 2024 hingga periode tertentu.

Hal ini, katanya, guna mencegah kekosongan atau kelangkaan atas bahan pokok dan penting tersebut pada gerai-gerai ritel modern di Indonesia. Bilamana kelangkaan terjadi maka akan bermuara kepada panic buying konsumen, yang akan berlomba membeli bahkan menyimpan bahan pokok dan penting itu karena kuatir barang akan habis dan situasi harga yang tidak stabil

Sumber : cnbcindonesia.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال