Hadiri KTT ASEAN-Australia, Presiden Jokowi Bakal Tawarkan Investasi Mobil Listrik di IKN

Presiden Jokowi saat Melakukan Konferensi Pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah. Foto/Tangkapan Layar/Youtube/Setpres

POSSINDO.COM, Nasional -Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini bertolak ke Melbourne, Australia. Di sana dia bakal menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia yang diselenggarakan untuk memperingati 50 tahun kemitraan ASEAN dan Australia.

Konferensi tersebut bakal mengangkat tema 'Partnership For The Future.' Jokowi memaparkan KTT akan membahas bagaimana kemitraan strategis komprehensif ASEAN Australia dapat dioptimalkan ke depan untuk mewujudkan kawasan Indo-Pasifik yang damai dan makmur.

Dia bilang dirinya bakal menggunakan kesempatan bicara di KTT tersebut untuk mempromosikan kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, hingga transformasi digital.

"Saya akan gunakan kesempatan ini untuk dorong kerja sama, penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital serta kemajuan paradigma kolaborasi, dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina," papar Jokowi saat melakukan konferensi pers di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusumah, Senin (4/3/2024).

Jokowi juga akan melakukan pertemuan bilateral secara khusus dengan pimpinan beberapa negara. Misalnya, PM Australia Anthony Albanese, PM Selandia Baru Christopher Luxon, PM Kamboja Hun Manet.
Tawaran Investasi Mobil Listrik-IKN

Jokowi memaparkan dalam beberapa pertemuan bilateral, khususnya dengan PM Australia, dirinya bakal melakukan pembahasan khusus soal kerja sama kendaraan listrik. Jokowi ingin kerja sama soal kendaraan listrik segera diterapkan.

Indonesia dan Australia sendiri sudah memiliki perjanjian kerja sama berupa pertukaran bahan baku dan teknologi baterai kendaraan listrik. Indonesia memiliki bahan baku nikel, dan Australia memiliki kekayaan sumber daya lithium.

Jokowi juga mengaku tawaran investasi ke IKN juga bakal dibahas dalam beberapa pertemuan bilateral. Dia menegaskan tawaran investasi ke IKN akan disampaikan kepada semua perdana menteri yang ditemuinya di Australia.

"Setiap bertemu dengan perdana menteri manapun pasti itu akan saya sampaikan (tawaran investasi ke IKN)," tegas Jokowi.

Sumber : detik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال