Kampanyekan Gemar Pilah Sampah, Pemkab Pulpis Adakan Program Tukar Sampah dengan Kebutuhan Pokok

Petugas Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat Menyerahkan Paket Kebutuhan Pokok Adakan Program Tukar Sampah. Foto/IST

 
POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat aktif melaksanakan kegiatan kampanye Gemar Pilah Sampah dari Rumah dan Bank Sampah Berjalan. Sampah-sampah tersebut akan di jemput oleh tim petugas kebersihan ke rumah-rumah warga, untuk mengurangi volume sampah.
 
Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Hendri Arroyo mengatakan untuk tahap awal kegiatan ini pihaknya menyiapkan paket berupa sembako yang dapat ditukar dengan sampah oleh masyarakat.
 
“Untuk tahap awal ini, kami menyiapkan sebanyak 100 paket kebutuhan pokok berupa deterjen, minyak goreng dan gula. Paket itu akan ditukarkan oleh petugas kebersihan kepada masyarakat yang sebelumnya sudah memilah sampah organik ,plastik dan lainnya dari rumah,” kata Kadis DLH Hendri Arroyo saat dihubungi, Minggu (17/03/2024).
 
Hendri Arroyo, juga menjelaskan program ini hanya semata-mata untuk membangun kesadaran masyarakat dalam pemilahan sampah. Hanya dengan upaya ini dan secara bertahap dapat dilakukan untuk mengurangi volume sampah ke TPA desa Gohong. Selanjutnya TPS 3R dapat dijadikan opsi  dan mengaktifkan bank sampah plastik.
 
“Saat ini DLH masih dalam proses untuk merealisasikan kerjasama dengan beberapa perbankan untuk adanya sarana bak sampah. Bak sampah ini nanti secara bertahap dbagikan kebebrapa sekolah, dimana kita akan mengajak para siswa untuk membuang sampah secara terpilah,”tambahnya.(Sam)
 
Editor  : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال