Pemkab Pulpis Siapkan Beasiswa S1 Melalui Alokasi Dana Desa

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani. Foto/IST

 

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau telah menyiapkan anggaran beasiswa bagi anak yang hendak melanjutkan pendidikan menuju perguruan tinggi strata satu (S1) melalui Alokasi Dana Desa (ADD).

Adapun, tujuan beasiswa dari anggaran ADD Pemerintah Desa (Pemdes) ini untuk meningkatkan sumber daya manusia atau SDM sesuai potensi anak didik di desa. 

 

Melalui anggaran ADD tersebut dipersiapkan sebesar Rp 32 juta dengan satu Desa satu Beasiswa. Diharapkan agar orang tua dari anak didik yang ingin mengenyam pendidikan S1 tidak khawatir harus mengeluarkan biaya cukup besar.

 

"Beasiswa ini melalui anggaran ADD, karena 10 persennya dari APBD kita. Peruntukannya untuk anak berprestasi kategori tidak mampu di setiap  desa, jadi satu desa satu beasiswa," ungkap Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani, Rabu (20/03/2024).

 

Semisal, desa ini memiliki potensi dibidang pertanian, maka penerima beasiswa tersebut dimasukan ke sekolah tinggi teknologi pertanian, tentu semuanya berbasis teknologi.

 

"Nanti yang menilai anak didik untuk mendapatkan beasiswa ini tentu pihak desa, karena mereka lebih memahami dan mengetahuinya. Perguruan tinggi nya pun menyesuaikan dengan potensi di desa," ucapnya.

 

"Ataupun nanti kita masukan ke P3K dan mengikuti tes CPNS. Tapi yang terpenting mereka nanti dapat mengembangkan daerah nya untuk kemajuan kabupaten kita. Beasiswanya akan dimulai di tahun 2024 ini juga, kalau tidak salah di bulan Juli," tambahnya.(Sam)

 

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال