Cegah Radikal Bebas dengan Mencukupi Antioksidan Agar Tidak Gampang Sakit

Radikal Bebas yang Berlebihan dalam Tubuh Dapat Memicu Penyakit. Foto/Medicalnewstoday

 
POSSINDO.COM, Ragam -Radikal bebas yang berlebihan dalam tubuh dapat memicu penyakit kronis. Oleh karena itu kita perlu mengimbanginya dengan cukup mengonsumsi bahan pangan sumber antioksidan. Radikal bebas adalah molekul reaktif yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel dan DNA dalam tubuh.

Sebenarnya radikal bebas secara alami akan dihasilkan tubuh sebagai bagian dari proses dalam tubuh. Meski begitu, menurut dr.Raissa E. Djuanda, MGizi, SpGK, radikal bebas juga bisa berasal dari luar tubuh.

 

“Sumber radikal bebas bukan hanya dari dalam tubuh, tetapi juga bisa dari luar,seperti makanan mengandung banyak bahan pengawet, junk food, stres berlebihan, paparan sinar matahari, polusi udara, dan asap rokok,” ujarnya dalam acara Media Launching Entrasol Can Susu Steril', Rabu (22/5/2024).

 

Ia menjelaskan, rikal bebas yang berlebihan di tubuh dapat menimbulkan stres oksidatif dan kerusakan DNA sehingga dapat memicu penyakit kronis, seperti stroke, kanker, penuaan dini, hingga autoimun.

Sumber antioksidan sebenarnya sangat mudah ditemukan, contohnya tumbuhan asli Indonesia seperti daun katuk, kemangi, ginseng, hingga bunga kecombrang mengandung antioksidan yang tinggi.

Sementara buah-buahan kaya antioksidan seperti jambu biji, mangga, pepaya, delima, stroberi, dan buah zaitun.

Sumber : kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال