Simak Hal yang Akan Dibahas di KTT ASEAN 2023

Tahun 2023 ini Menjadi Kelima Kali, Indonesia didapuk Memegang Keketuaan ASEAN, dengan tema “ASEAN Matters: Epicentrum of Growth". Foto/bi.go.id

POSSINDO.COM, Nasional -Kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN tahun 2023 diselenggarakan di Jakarta. KTT tahun ini berlangsung mulai dari 5 hingga 7 September 2023.Presiden Jokowi akan memimpin 12 pertemuan dalam KTT ASEAN 2023.


KTT ke-43 ASEAN tahun 2023 diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 5-7 September 2023. Dilansis situr resminya, KTT ASEAN 2023 membahas perkembangan dan penguatan kerja sama ASEAN dengan mitra eksternal.

 
Adapun, tema kegiatan KTT ke-43 ASEAN adalah 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth'. Tema ini akan menjadi pembahasan utama dan menghasilkan sejumlah pembahasan lain yang lebih spesifik dan mendetail.


Melalui tema tersebut, Indonesia bertekad mengarahkan kerja sama ASEAN tahun 2023 untuk melanjutkan dan memperkuat relevansi ASEAN dalam merespon tantangan kawasan dan global, serta memperkuat posisi ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan, untuk kemakmuran rakyat ASEAN.

Selain itu, tema ini juga membawa empat ruh besar pada KTT ASEAN 2023 di Jakarta. Adapun, empat poin yang menjadi ruh utama tersebut antara lain:
 

1. Pentingnya meletakkan visi jangka panjang kawasan, dan Indonesia akan memastikan hal tersebut saat gelaran berlangsung pada 5-7 September 2023.
 

2. Memperkuat ketahanan ASEAN dalam menghadapi   tantangan zaman.


3. Mendorong ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Indonesia akan menyoroti penguatan ketahanan pangan di kawasan sebagai salah satu elemen pentingnya.

 

4. Menjadikan Indo-Pasifik sebagai kawasan aman dan  damai. Untuk mencapai tujuan ini, Indonesia akan  memimpin negara-negara anggota mempromosikan  ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP) kepada    mitra-mitra ASEAN saat KTT nanti.


Sumber : detik.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال