Gerakan Masyarakat Banjarmasin, 55 Ton Sampah di Kolong Rumah Berhasil di Angkut

Program Gerakan Masyarakat “Bawah Barumahan Barasih Sampah” atau “B’Babasah. Foto/IST

POSSINDO.COM, Banjarmasin -Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melaporkan sudah membersihkan puluhan ton sampah di kolong rumah sejak Februari hingga Oktober 2023.

Diungkapkan Kabid Kebersihan dan Pengelolaan Sampah DLH Kota Banjarmasin, Marzuki di Banjarmasin, Selasa, pembersihan kolong rumah ini merupakan program gerakan masyarakat “bawah barumahan barasih sampah” (bersihkan sampah kolong rumah) atau “B’Babasah.

Marzuki mengatakan Program B’Babasah ini sudah membersihkan sebanyak 2.810 kolong rumah, dengan total sampah sebanyak 55 ton lebih.

Dikatakan program ini menargetkan sebanyak 100 ribu kolong rumah di lima kecamatan di kota ini.

Meski masih jauh dari target tersebut saat ini, dia optimis hingga akhir tahun bisa tercapai dengan gerakan besar gotong royong dari masyarakat yang membantu.

“Karena setiap kelurahan kita bagi, dan bekerja setiap Sabtu dan Minggu,” ujarnya.

Pembersih kolong rumah ini harus dilakukan, sebab struktur tanah di Kota Banjarmasin hampir semua rawa, hingga bangunan rumah maupun lainnya di kota ini dibangun berkonsentrasi panggung atau kolong.

Sampah tertumpuk banyak di bawah kolong rumah tersebut, kebanyakan sampah plastik diakibatkan dibawa air yang sedang pasang.

Apalagi produksi sampah di Kota Banjarmasin , utamanya dari rumah tangga mencapai 600 ton lebih setiap harinya, sebagian disinyalir dibuang ke kolong rumah.

Sebelumnya, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina berharap agar program B’Babasah ini bisa disukseskan di setiap kecamatan.(Jok)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال