Pj Bupati Pulang Pisau Sosialisasikan Program DHASHAT

Pj Bupati Pulang Pisau, Nunu Andriani saat Kegiatan Kick Off Projek Percontohan Inovasi Percepatan Penurunan Stunting, bertempat di Balai Desa Garung. Selasa, (17/10/2023). Foto/IST

POSSINDO.COM, Pulang Pisau -Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Pulang Pisau melaksanakan Kegiatan Kick-Off Pilot Project Inovasi Gerakan Makan Bersama di Pos Stunting (Gemar Posting) yang diselenggarakan di Balai Desa Garung, Kecamatan Jabiren Raya, Selasa (17/10/2023).

Turut hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut Pj. Bupati Pulang Pisau Hj. Nunu Andriani, Ketua DWP Kabupaten Pulang Pisau Ny. Sari Parwati Tony Harisinta beserta anggota, Camat Jabiren Raya, Beberapa Kepala OPD Lingkungan Kabupaten Pulang Pisau, Kepala UPT Puskesmas Jabiren Raya.

Pj Bupati Pulang Pisau Nunu Andriani mengatakan bahwa DP3AP2KB Pulang Pisau telah mensosialisasikan program dapur sehat atasi stunting (DASHAT) yang merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemenuhan gizi seimbang bagi keluarga.

"Program ini tentunya tertuju pada keluarga yang beresiko stunting terutama untuk keluarga yang kurang mampu melalui pemanfaatan sumberdaya lokal,"ucapnya, Selasa, 17 Oktober 2023.

Tidak hanya itu, sasaran stunting bukan saja pada anak-anak balita melainkan kepada remaja putri dan pasangan calon pengantin. Sebab, apabila calon pengantin secara fisik dan kesehatan tidak siap untuk menikah serta melahirkan maka akan muncul stunting baru.

"Saya berpesan kepada remaja putri dan para orang tua agar tidak menikahkan anaknya pada usia dibawah 19 Tahun agar terhindar dari munculnya stunting pada bayi baru lahir,"katanya.

Ia menambahkan, untuk sasaran stunting lainnya tentu untuk ibu hamil dan ibu nipas agar dapat mengerti yang dinamakan 1000 hari pertama kehidupan untuk bayi yang baru lahir.

"Untuk ibu hamil harus rutin melakukan kontrol kandungan guna menjaga kondisi kesehatan kandungan. Serta untuk ibu nipas, dapat slalu melakukan kontrol bayi yang baru lahir dan lakukan imunisasi lengkap sehingga kesehatan bayi dapat terjaga,"tutupnya. (Sam)

Editor : Tuah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال