Apakah Tidur Siang Bisa Bikin Gemuk, Simak Penjelasannya

Benarkah TIdur Siang Bisa Bikin Gemuk. Foto/yesdok.com    

POSSINDO.COM, Ragam -Tidur siang yang dilakukan dengan diketahui mampu meningkatkan suasana hati karena dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh dan dapat membuat tubuh lebih berenergi saat bangun. Namun, apakah tidur siang bikin gemuk?

Ternyata, tidur siang dapat meningkatkan berat badan ketika dilakukan lebih dari 30 menit. Namun.

Meskipun begitu, tidur siang sebenarnya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, seperti meningkatkan konsentrasi dan menghindarkan Anda dari rasa mengantuk di siang hari. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda diimbau untuk membatasi waktu tidur siang, atau sekitar 10-20 menit saja. Pasalnya, semakin lama Anda tidur siang, maka tubuh akan semakin terasa tidak nyaman.

Apakah tidur siang bikin gemuk?

 

Tidur siang lebih dari 30 menit ternyata dapat meningkatkan berat badan. Dilansir dari Medical News Today, tidur siang lebih dari 30 menit dapat meningkatkan indeks massa tubuh, tekanan darah, dan masalah kesehatan lainnya yang berkaitan dengan jantung dan diabetes.

 
Pasalnya, tidur siang lebih dari 30 menit dapat meningkatkan produksi hormon kortisol di dalam tubuh, yang juga akan meningkatkan jumlah endapan lemak di area perut. Tidur siang terlalu lama juga akan memicu inflamasi sehingga berat badan akan bertambah dan meningkatkan risiko obesitas.
 
Namun, efek sampingnya akan berbeda-beda untuk masing-masing orang karena dipengaruhi oleh faktor tertentu, seperti kondisi kesehatan yang dimiliki, waktu tidur siang, dan pola makan.


Sumber : health.kompas.com

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال